Rabu, 12 Juni 2013

alat kimia beserta fungsinya


NAMA : BASTA NIUS ZEGA
KELAS  : X-10
PRATIKUM : KIMIA

1    Labu Ukur
Labu Ukur digunakan untuk mencampur larutan. Caranya masukkan larutan ke dalam labu ukur. Simpan labu ukur di lengan tangan lalu goyangkan ke arah atas dan bawah agar larutan tercampur.
  
    2    Tabung Reaksi
 Fungsi utama dati tabung reaksi adalah sebagai tempat untuk mereaksikan zat - zat kimia di dalam laboratorium. Tabung reaksi terbuat dari kaca bening dengan tujuan agar reaksi kimia yang terjadi dapat terlihat dengan jelas.

     Menampung larutan dalam jumlah yang sedikit
3.    Beker Gelas (Beaker glass)
  gelak beker merupakan wadah yang paling sederhana untuk mengaduk, mencampur dan memanaskan cairan. Untuk percobaan proses difusi osmosis dan tempat membuat larutan

4    Gelas Ukur
Gelas Ukur digunakan untuk megukur volume larutan dengan cara melihat meniscus secara tepat. Mata harus sejajar dengan gelas ukur, kemudian lihat bagian meniscus bawah untuk mentukan volume larutan.

   

5    Pipet tetes
Pipet tetes berfungsi untuk membantu memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain dalam jumlah yang sangat kecil yaitu setetes demi tetes.

6   Mortar dan Alu

     Menggerus dan menghaluskan suatu zat dan Alat ini berfungsi untuk menghaluskan atau menggerus suatu benda atau zat. Mortar dan alu ini terbuat dari keramik. Dengan menggunakan mortar dan alu dari bahan keramik , bahan /zat yang ditumbuk dan dihaluskan tidak akan tertinggal pada mortar seperti halnya bila menggunakan mortar yang terbuat dari batu.

7    Botol cuci
Biasanya digunakan untuk menympan aquades dan digunakan untuk mencuci ataupun membilas bahan-bahan yang tidak larut dalam air. Selain itu digunakan juga untuk mencuci atau menetralkan peralatan-peralatan yang akan digunakan. Cara menggunakan: menekan botol maka aquades akan keluar.

8. Erlenmeyer (Erlenmeyer flask, Conical flask, E-flaks)
Tempat membuat larutan. Dalam membuat larutan erlenmeyer yang selalu digunakan. Dan juga  Digunakan dalam proses titrasi untuk menampung larutan yang akan dititrasi. Dalam mikrobiologi, erlenmeyer digunakan untuk pembiakan mikroba
Erlenmeyer tidak dapat digunakan utnuk menampung volume


9. Corong kaca
 Corong gelas (Funnel conical) Membantu memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain terutama yang bermulut kecil
Digunakan untuk menyimpan kertas saring dalam proses penyaringan

10. Corong Pisah (separatory funnel)
 Corong Pisah cara menggunakannya masukkkan larutan ke dalam corong dari atas dalam keadaan keran corong tertutup. Goyangkan corong agar larutan tercampur. Balikkan corong dan buka kerannya agar gas yang dihasilkan larutan tersebut keluar.

11. Pipet ukur (measuring pipette)
Memindahkan larutan dengan berbagai ukuran volume

12. Kaki 3

Penyangga yang digunakan saat merebus suatu zat kimia

13. spatula
spatula




 Fungsi spatula Untuk mengambil bahan kimia yang berbentuk padatan, Dipakai untuk mengaduk larutan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar